Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan tabungan syariah yang menguntungkan




Bank syariah sendiri merupakan penyedia jasa perbankan yang berpegang teguh pada syariat hukum Islam. Yang mana dalam hukum Islam sendiri tidak diperkenankan siapapun yang meminjamkan uang untuk mengambil bunga, sehingga pada bank – bank syariah ini tidak ada yang namanya suku bunga ketika kita membuka rekening.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan jumlah penganut agama Islam terbesar di dunia, sehingga pada tahun 1991 MUI bersama pemerintah mendirikan Bank Syariah

Berikut ini adalah beberapa kelebihan tabungan syariah yang mungkin masih jarang kamu ketahui




Kelebihan tabungan syariah yang menguntungkan

Berbeda dengan bank konvensional
Bank syariah ini memiliki berbagai macam program yang tidak ada pada bank non syariah atau bank konvensional. Seperti program wakaf, tabungan qurban dan tabungan haji 



Bebas potongan perbulan
Tentunya hal inilah yang menjadikan bank konvensional dan bank syariah beda, bank syariah tidak membebankan biaya administrasi perbulannya, sehingga berapapun sisa saldo anda tidak akan terpotong. Bank konvensional biasanya memberikan potongan biaya setiap bulannya, sesuai dengan seberapa besar deposito kita pertama kali. Untuk bank syariah sendiri tidak memandang berapa besaran deposito pertama anda, sehingga semuanya tidak akan dikenakan biaya administrasi.



Sesuai akad ketentuan agama Islam
Bank syariah berpegang teguh pada ajaran agama Islam, adapula beberapa akad ketentuan yang sering mereka terapkan



Akad Wadiah :
Bank syariah memberikan tempat kepada para nasabah untuk menyimpan uang mereka, namun setiap nasabah tidak akan dikenakan biaya administrasi apapun. Walaupun begitu namun nasabah tetap akan mendapatkan berbagai fasilitas, seperti menarik tunai melalui ATM bank syariah


Akad Mudharabah :
Akan ini dimaksudkan sistem bagi hasil, yang mana para nasabah akan mendapatkan berbagai fasilitas dan tentunya tempat untuk menyimpan uang mereka. Lantas bank syariah sebagai pengelola dana diberikan hak untuk menggunakan uang para nasabah sebagai investasi pengelolaan dana pada industri yang sesuai prinsip syariah.




Sistem bagi hasil
Mungkin bagi sebagian orang akan bertanya – tanya bila bank syariah tidak memberikan bunga maupun biaya administrasi, lantas dari mana keuntungan mereka. Nah pada poin ini merupakan kelanjutan pembahan pada poin ke 3, yang mana bank syariah menerapkan sistem bagi hasil. Intinya semakin besar pendapatan bank syariah baik investasi maupun yang lainnya maka akan semakin besar pula hasil yang diterima nasabah. 



Lembaga Penjamin Simpanan
T
idak ada potongan biaya administrasi dan tidak ada bunga, mungkin akan memberikan ketidak percayaan bagi masyarakan umum untuk menyimpan uang mereka pada bank syariah. Namun jangan khawatir, meskipun berbasis syariah namun setiap uang para nasabah telah dijamin oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan yang akan menanggung resiko kehilangan hingga Rp.2 miliar.



Fasilitas lengkap
Selain memberikan fasilitas penarikan uang tunai melalui mesin ATM, bank syariah juga sudah menyediakan fasilitan layanan internet banking, sehingga para nasabah akan lebih mudah dalam bertransaksi


Kepentingan umat
Jadi intinya setiap dana yang diterima bank dari nasabah bank syariah bertujuan untuk kemaslahatan dan kepentingan umat. Sehingga dana di bank syariah didapatkan dari umat kamudian hasilnya akan dikembalikan untuk kepentingan umat lagi.


Terhindar dari Riba
Tentu saja keuntungan utama yang kita dapatkan adalah terhindar dari yang namanya Riba, yang mana Riba sendiri dalam Agama Islam hukumnya sangat haram dan tentunya wajib bagi kita untuk meninggalkannya.